Tentang Manual Brewing dan Sejarahnya

Seperti yang sedikit pernah saya bahas di artikel sebelumnya tentang bagaimana pesatnya bisnis dan industri kopi di indonesia yang secara langsung dapat kita lihat dengan banyaknya kedai-kedai kopi yang terdapat di sekitar kita.

MLGRETAIL.CO.ID

Maraknya kedai-kedai kopi tersebut menuntut para pelaku bisnisnya untuk berimprovisasi menyajikan sesuatu yang lain, yang menjadi daya tarik para pelanggan. Dan di tulisan ini saya akan mengangkat sebuah metode atau cara penyeduhan atau penyajian kopi yang menarik dan kerap kali dipakai banyak kedai-kedai kopi untuk memikat para konsumen. Manual Brewing..

Apa itu Manual Brewing ?

Menilik dari arti bahasa, Manual Brewing yaitu penyeduhan secara manual (tanpa mesin). Dalam hal ini bisa juga diartikan dengan proses pembuatan (penyeduhan) kopi dengan air tanpa menggunakan mesin, melainkan hanya dengan beberapa alat sederhana.

MLGRETAIL.CO.ID

Untuk proses penyeduhan minuman kopi pertama kali dilakukan oleh Bangsa Turki. Mereka menyangrai (menggoreng tanpa minyak) kopi, kemudian dihaluskan dan dimasak jadi satu dengan air. Proses penyeduhan ini menyebar ke banyak penjuru dunia tanpa terkecuali di indonesia. Di Indonesia sendiri proses ini disebut juga "tubruk", dengan perbedaan kopi tidak dimasak secara bersamaan, melainkan kopi yang sudah ditumbuk halus disiram dengan air panas kemudian dihidangkan.

Sejarah Manual Brewing Tools

Awal mula lahirnya sebuah alat manual brewing kopi terjadi sekitar tahun 1908. Dimana saat itu mesin esspresso dari italia menjadi primadona dalam hal cara pembuatan minuman kopi. Akan tetapi semakin mahalnya harga mesin esspresso dari italia tersebut, dan juga rasa kopi yang selalu sama ataupun monoton hasil dari mesin tersebut membuat masyarakat rindu akan rasa kopi yang dinamis, yang lebih manusiawi.

MLGRETAIL.CO.ID / Source : Majalah Otten


Adalah Melitta Bentz, seorang wanita inventor asal Jerman yang membuat Manual Brewing Tool  kopi pertama. Dan alat tersebut bertipe Pour Over Manual Brew. 

Didasari oleh keinginan menikmati minuman kopi tanpa ampas, dan tidak dihasilkan dari mesin esspresso yang rasanya monoton, Melitta Bentz menciptakan alat seduh kopi Pour Over dari tembaga dengan menggunakan filter dari kertas buku tulis. 

Dan sejak itulah muncul beberapa penemuan-penemuan tentang metode penyeduhan kopi di dunia. Beberapa contoh Manual Brewing Tools Coffee yang lahir setelah penemuan dari Melitta Bentz sampai saat ini dan sering kita jumpai di sekitar kita adalah Pour Over, Syphon, French Press, Aeropress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox